Friday 22 April 2016

Leal Senado Building and Senado Square - Macau


Leal Senado Building and  Senado Square 

Leal Senado ini adalah tempat yang selalu menjadi pilihan para pelancong kerana di sini terdapatnya seni dan bangunan lama yang masih kekal utuh. Senado Square sering diadakan festival, acara keramaian atau perayaan-perayaan besar. Di kanan dan kiri jalannya terdapat banyak bangunan tua dan unik neo-klasik yang dulunya merupakan gereja, gedung senat, dan lain-lain. 
Bangunan di sekitarnya hampir kesemuanya berwarna pastel bergaya mediterania. Tempat ini lebih menarik dilihat pada waktu malam. 



 

Pada tahun 2005 ia telah diiktiraf dalam Senarai Warisan Dunia UNESCO kerana ia merupakan sebahagian daripada "Historic Centre of Macau"Senado Square merupakan sebuah ruang publik yang sangat menarik di Macau. Senado Square ini merupakan kota yang berusia sangat tua. Senado Square yang juga disebut dengan nama Largo do Senado ini terletak di bagian tengah dari Peninsula Makau. Alun-alun kota ini mempunyai ukuran yang luas, 3700 meter persegi dan merupakan satu dari empat alun-alun kota terbesar yang ada di Makau. Tiga alun-alun lainnya adalah Praça do Centro Cultural, Praça do Lago Sai Van dan Praça do Tap Seac.

Sebagai sebuah area yang dibangun pada zaman dahulu, Senado Square ini masih menyisakan kesan oldies. Area di sekitar Senado Square banyak dijumpai berbagai bangunan tua yang masih berdiri utuh. Jadi tidak hairan kalau Senado Square ini menjadi destinasi wajib dan sangat populer di Macau. Diantaranya yang berdekatan adalah Leal Senado Building, General Post Office dan Macau Tourism Centre.

Kondisi dari Senado Square ini pun masih terjaga dengan sangat baik. Bahkan pada tahun 2005 lalu, Senado Square ini telah secara resmi masuk dalam salah satu daftar situs bersejarah yang dilindungi, UNESCO World Heritage. Status yang sama seperti yang dimiliki oleh Tembok Besar  ataupun Prajurit Terracotta yang merupakan destinasi populer di Cina. 




Nama Senado Square sendiri diambil dari nama Leal Senado yang merupakan sebuah tempat pertemuan  untuk masyarakat Cina dengan Portugis pada abad 16 dan 18. Lokasi area pertemuan itupun berada tepat di depan Senado Square, tepat di lokasi berdirinya Leal Senado Building saat ini. 

Senado Square merupakan pusat kegiatan penduduk Macau yang terletak di pusat kota Macau atau yang biasa disebut Macau Peninsula. Sepanjang jalan ini, terdapat berbagai restoran yang menawarkan makanan khas Portugis.


No comments: